Chris Machis / AP
Sebuah semitrailer terbalik bertumpu pada sisinya di jalur menuju ke timur dari Interstate 40, tepat di sebelah timur El Reno, Okla, setelah tornado dilaporkan mendarat, Jumat, 31 Mei, 2013.
Beberapa tornado yang meraung selatan dari Oklahoma City pada Jumat malam, menewaskan sedikitnya lima orang yang berada di kendaraan, mungkin telah menyebabkan beberapa orang untuk dibawa ke mobil mereka sebagai awan gelap berkumpul, kata pihak berwenang.

"Kami mencoba untuk memberitahu orang-orang untuk tidak mendorong ke badai," kata Betsy Randolph dari Highway Patrol Oklahoma stasiun NBC KFOR dari Oklahoma City. "Dan ini mungkin salah satu transaksi di mana ada sedikit atau tidak ada pemberitahuan atau peringatan. Hanya saja begitu memilukan dan sangat memilukan. "
Pihak berwenang berjuang untuk memikirkan beberapa alasan lain orang mungkin telah dibawa ke jalan selain panik.
"Saya terkejut dengan itu, datang melalui wilayah metro enam tiga puluh, 07:00 kerangka waktu," kata Walikota Oklahoma City Mick Cornett di MSNBC, yang berarti bahwa orang seharusnya tidak mengemudi pulang dari kerja.
"Saya ingin tahu apakah tornado dari beberapa minggu lalu tidak menakut-nakuti orang begitu parah bahwa kali ini mereka tidak mau mengambil risiko dan mencoba menghindarinya dengan mobil," kata Cornett. "Itu hal yang sangat tidak bijaksana untuk dilakukan karena itu adalah tempat terburuk mutlak Anda bisa selama tornado."
Dua puluh empat orang tewas dalam tornado yang meratakan petak Moore, Okla pekan lalu. Menuju ke daerah terbuka lebar dengan sedikit atau tanpa perlindungan bukanlah cara untuk mendapatkan keselamatan di tornado, namun, kata pihak berwenang.  
Wanita dan anaknya yang berwenang mengatakan tewas dalam badai Jumat malam berada di Interstate 40 dekat El Reno, barat Oklahoma City, kata mereka. Satu orang tewas di pinggiran Yukon dan dua lainnya tewas di tempat lain, stasiun NBC KFOR dari Oklahoma City dilaporkan. KFOR melaporkan bahwa semua korban berada dalam kendaraan.
"Anda tidak bisa naik keluar tornado di dalam kendaraan," kata Randolph. Sebuah angin tornado dapat menyedot seseorang keluar dari mobil, katanya. Pembalap yang tiba-tiba menemukan diri mereka di jalan twister harus keluar dari kendaraan dan tempat tinggal mereka di selokan atau daerah lain dataran rendah untuk melindungi diri dari angin mencambuk, katanya.
"Tubuh Anda akan cenderung untuk diisap," kata Randolph.
Orang-orang di selatan Oklahoma City meninggalkan tempat parkir macet luar sebuah toko dan menerobos pintu kaca toko untuk mencari perlindungan, KFOR melaporkan .
Sebuah Weather Channel kendaraan yang membawa meteorologi Mike Bettes dan krunya di daerah El Reno terlempar 200 meter oleh tornado. Kendaraan itu hancur, tapi Bettes mengatakan ia dan krunya berjalan pergi.
Mobil lebih di jalan juga berarti lebih banyak kesulitan bagi petugas Highway Patrol menanggapi kecelakaan mobil selama badai, kata Randolph. Para petugas harus bersaing dengan hujan es dan angin kencang saat mereka bekerja untuk membantu pengendara.
Foto yang diambil dari kerusakan sepanjang Interstate 40 di daerah El Reno menunjukkan sebuah traktor-trailer diserahkan pada sisinya oleh hembusan kuat.
Orang-orang yang mencoba untuk melarikan diri di mobil mereka menghadapi potensi bahaya dari perairan banjir bandang serta tornado-kekuatan angin.
Ancaman banjir bandang adalah tinggi selama malam di Oklahoma City, National Weather Service di kantor Norman, Okla, mengatakan di akun Twitter-nya .
"Jangan mengemudi ke daerah-daerah di mana air meliputi jalan," kata kantor NWS dalam satu tweet.
"Kebanyakan orang yang meninggal dalam banjir [s] tenggelam dalam mobil mereka!" Katanya di tempat lain.
Seperti badai bergerak melalui daerah tersebut, pihak berwenang mengatakan kekhawatiran mereka adalah untuk memastikan bahwa orang-orang pulang hidup-hidup.
"Ini adalah masalah keamanan, kami hanya ingin memastikan orang-orang tidak di jalan dari setiap badai tambahan yang mungkin melewati," kata Kelly Cain dari Departemen Manajemen Darurat Oklahoma. "Kami hanya benar-benar ingin mendorong orang untuk turun jalan sesegera mungkin dan mendapatkan tempat yang aman dan berlindung yang diperlukan." 
Penduduk wilayah metro Oklahoma City diminta untuk tetap turun jalan sebagai kru bekerja untuk membersihkan kerusakan.
"Hindari perjalanan antar sementara kru darurat menanggapi kerusakan tornado," Departemen Perhubungan Oklahoma mengatakan di akun Twitter-nya pada Jumat malam.  
 Oleh Matthew DeLuca, Staf Penulis, NBC News

Enhanced by Zemanta

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar anda disini...

 
Top