Twitter
Jejaring sosial Twitter kini sudah jadi sarana informasi global. Keputusan politik, isu para pesohor, hingga skor pertandingan olahraga banyak diunggah. Ada banyak tweet yang mengabarkan kejadian besar yang mengguncang dunia. Berikut ini lima tweet yang menguncang publik:

5. Tweet Pertama
Jack Dorsey, pendiri Twitter, jadi orang pertama di dunia yang mengunggah statusnya di Twitter. Pada 22 Maret 2006, pukul 03.50 dinihari, dia menulis, "Just setting up my twttr." Di kemudian hari, tweet ini jadi legenda. Tweet ini di-retweet 16.875 kali dan difavoritkan 15.210 kali.


4. Tweet dari Mars
Robot Astro Mike merupakan pengguna Twitter yang pertama kali menge-tweet dari luar angkasa. Saat menjelajah Mars, pada pukul 12.32, 6 Agustus 2012, sesuai waktu di Bumi, dia berkicau, "Saya baik-baik saja di permukaan Mars." Tweet ini difavoritkan 14.510 kali dan di-retweet 69.802 kali.

3. Kematian pemain bas Weezer, Mikey Welsh
Band Weezer kehilangan pemetik basnya, Mikey Welsh, pada akhir 2011. Welsh ternyata sudah mengendus ajalnya. Pada 26 September, dia meramalkan kematiannya lewat Twitter. "Aku bermimpi mati di Chicago pekan depan karena serangan jantung saat tidur," tulisnya.
Kicauan itu di-retweet 1.749 kali. Dia lalu merevisi tweet-nya, "Bukan pekan depan, tapi pekan depannya lagi." Benar, dua pekan kemudian, dia tewas di Chicago karena serangan jantung. Sebab utamanya diduga karena overdosis obat.

2. Kematian Whitney Houston
Pada 12 Februari 2012, Aja Dior mendapat kabar dari bibinya, Tiffany Dixon, yang bekerja pada Whitney Houston. Pop superstar itu ditemukan tewas di bak mandi.
Sekitar sejam kemudian, kantor berita Associated Press baru mengendus kabar ini dan menjadikannya breaking news.

1. Pembunuhan Osama
Pada 1 Mei 2011, Sohaib Athar sedang rehat cuti. Dia berlibur di daerah Abbottabad, Pakistan. Dinihari, pukul 1, dia melihat helikopter melayang-layang di langit Abbottabad.
"Helikopter melayang di atas Abbottabad pada pukul 1 malam. Ini peristiwa langka," tulisnya. Athar akhirnya melaporkan langsung kejadian itu, hingga ia sadar bahwa itu penggerebekan hingga pembunuhan Osama bin Laden


Tempo.co

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar anda disini...

 
Top