English: Megawati Sukarnoputri

JAKARTA -- Angin perubahan singgah di tubuh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Partai berlambang banteng gemuk ini memberi kesempatan seluas-luas nya kepada tokoh muda untuk maju dalam pemilihan kepala daerah, pemilihan anggota legislatif, hingga pemilihan presiden (pilpres).
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dinilai siap memberi jalan kepada generasi di bawahnya un tuk menjadi calon presiden. Ke - tua DPP PDIP Puan Maharani me - nga takan, Megawati memang meng - inginkan adanya kaderisasi dan regenerasi di tubuh partai. \"Kalau memang ada tokoh atau kader yang potensial dan bisa dimajukan, ya mengapa tidak,\" kata Puan di Ja - karta, Selasa (28/5).

Dorongan Mega bagi tokoh mu - da, jelas dia, sudah terlihat dari ca - lon-calon yang diusung PDIP pada pemilihan umum kepala daerah (pemilukada) dan pemilu legislatif.
Kesuksesan PDIP mengusung tokoh muda berawal dari keputusan mendukung Joko Widodo yang me - nang dalam Pemilukada DKI Ja - karta tahun lalu. Kader muda PDIP Ganjar Pranowo berhasil memena - ngi Pemilukada Jawa Tengah versi hitung cepat awal pekan ini.
Pada Pemilukada Jawa Barat, Rieke Dyah Pitaloka juga mendapat hasil memuaskan dengan berada di posisi kedua. Meski kalah, kader PDIP Effendi Simbolon pun meraih suara signifikan pada Pemilukada Sumatra Utara.
Kesuksesan PDIP diprediksi terulang pada pilpres apabila tetap mengusung tokoh muda. Meski begitu, Puan mengingatkan tidak sepenuhnya pemilukada menjadi cerminan pilpres. Dia meminta tokoh muda PDIP jangan berpikir untuk maju. \"Pak Jokowi harus fokus pada penugasannya sekarang,\" ujar Puan.
Rapat Kerja Nasional (Rakernas)
I PDIP di Bandung pada 2011 dan Rakernas II di Surabaya pada 2012 tetap memberikan mandat kepada Megawati menjadi capres. Keputus - an terkait capres yang diusung PDIP, jelas Puan, tetap ada di tangan Mega.
Nama Joko Widodo, kader PDIP yang kini menjabat gu bernur DKI Jakarta, mencuat se bagai kandidat kuat calon presiden dalam Pilpres 2014. Pada survei CSIS yang dirilis beberapa hari lalu, Jokowi berada di urutan teratas di atas Mahfud MD, Prabowo Subian to, Aburizal Bakrie, bahkan Mega wati. Survei lembaga riset politik lainnya pun memperli- hatkan kuat nya dukungan terhadap Jokowi.
Ketua Bidang Pemuda dan Olah - raga PDIP Maruarar Sirait berpen- dapat regenerasi dalam kepemim - pinan internal sudah berlangsung.
Menurut dia, Megawati objektif dalam menempatkan kader di posisi strategis. Contohnya, Ketua Fraksi PDIP di DPR kini beralih dari tokoh senior Tjahjo Kumolo kepada Puan.
Pakar politik dari LIPI Firman Noer menilai, regenerasi dan ka der - isasi yang didorong Megawati se - batas pembangunan kekuatan par - tai, bukan untuk capres. Ia memuji kesadaran Megawati memberikan kesempatan bagi kaum muda.
\"Setidaknya, PDIP memiliki gam- baran yang diinginkan rakyat.\"
Desakan perlunya PDIP memun - culkan calon muda sejak lama dide - ngung-dengungkan Taufiq Kiemas.
Ketua MPR ini menyatakan regene - rasi politik menjadi sebuah keharus - an dan tidak bisa ditahan-tahan. Kata Taufiq, kini eranya anak-anak muda untuk berkiprah lebih luas. (ed:m ikhsan shiddieqy)

0 komentar:

Post a Comment

Tulis komentar anda disini...

 
Top